Rabu, 21 November 2018, WIT


  • Kerohanian adalah aspek yang mendasari seluruh aktivitas sekolah, kehidupan kerohanian pribadi per pribadi (yayasan, direktur pelaksana, kepala sekolah, guru/ staff, siswa, rang tua sampai kepada pembantu sekolah),  kurikulum dan peraturan-peraturan organisasinya.  Stakeholder memiliki iman yang percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamat dan bertumbuh di dalam kedewasaan di dalam Kristus.  Kurikulum, peraturan-peraturan sekolah,  organisasi dan seluruh ketentuan-ketentuan dirancang berlandaskan pandangan kristiani.  Peserta didik diajarkan sejak dini tentang pandangan kristiani dalam pembelajaran.  Tujuan diajarkannya kerohani dan andangan kristiani agar setiap peserta didik memiliki pandangan hidup kristiani yang mendasari pertumbuhan mereka sampai di dalam seluruh aspek kehidupannya.

  • Ilmu pengetahuan (Knowledge)  adalah anugerah Tuhan sehingga setiap manusia dapat mempelajari secara baik akan tetapi anak Tuhan dipanggil mempelajari ilmu pengetahuan untuk menjawab mandat Allah, yakni menguasi dan memelihara bumi.  Menggunakan ilmu pengetahuannya menjadi pemimpin yang men-sejahtera-kan masyakarat dan bangsa.

  • Keterampilan merupakan  aspek yang sangat penting dalam dunia modern yang sangat kompleks.  Dengan kompleksitas yang begitu luar biasa ini maka dibutuhkan sekolah yang melengkapi keterampilan hidup bagi peserta didiknya.  SKKK di dalam proses pembelajaran ilmu pengetahuan juga berintegrasi pembelajaran keterampilan di kelas maupun di luar kelas.  Keterampilan harus berjalan bersama di kelas sehingga tercipta pembelajaran yang terpadu.


  • Karakter.  Karakter harus dibentuk dalam proses pembelajaran sejak dini supaya peserta didik memiliki karakter yang tangguh dalam menghadapi hidup serta tantangan jaman.  Sekolah Kristen Kalam Kudus Timika mendesain kurikulum karakter yang melibatkan yayasan, direktur pelaksana, kepala sekolah, para guru dan siswa, orang tua, staff serta seluruh personal yang terlibat dalam sekolah untuk belajar dan mengembangkan karakter yang semakin menyerupai Kristus.  Pembelajaran karakter tidak hanya disampaikan dalam pelajaran, tetapi juga didesain dalam proyek, program-program secara utuh sehingga setiap anggota Sekolah Kristen Kalam Kudus Timika adalah pembelajaran karakter dan menjadi perilaku yang baik dalam hidup ini. 
    Karakter utama yang diharapkan dapat terbentuk dalam diri siswa yang lulus dari SKKK Timika dihasilkan dari  nilai inti (core value) SKKK Timika.