Rabu, 21 November 2018, WIT


  • Kasih merupakan nilai utama yang mendasari dan mengerakan setiap motivasi, usaha dan proses pendidikan dalam lingkungan Sekolah Kristen Kalam Kudus Timika. Nilai inti ini menghasilkan karakter utama: Ketaatan, Kepedulian, Kejujuran, Kerendahan hati, Sukacita dan Ketekunan.

  • Mandiri. Dengan didorong oleh kasih kristiani, siswa dididik untuk menjadi mandiri: mampu mengevaluasi proses dan hasil pikir diri sendiri dan orang lain sambil tetap terbuka untuk menerima masukan dari pihak luar. Nilai inti ini menghasilkan karakter utama: Tanggung jawab, Kearifan, dan Rasa cukup.

  • Berdaya Guna. Dengan didorong oleh kasih, siswa dididik untuk menjadi pribadi yang berguna bagi sesama secara sosial dan lingkungan alam melalui pewartaan kabar baik dan perbuatan baik. Nilai inti ini menghasilkan karakter utama: Inisiatif, Kreatif dan Kewarganegaraan.

  • Pembawa Damai. Dengan didorong oleh kasih, siswa dididik untuk menjalankan misi Allah menghadirkan damai sejahtera (shalom) di bumi ini. Nilai ini merupakan salah satu tujuan bagi siswa di dalam menghasilkan setiap karsa dan karya (will and work), yaitu untuk berpihak pada kepentingan menghadirkan damai sejahtera-Nya di tengah-tengah kehidupan manusia. Nilai inti ini menghasilkan karakter utama: Pengampunan, Respek, Adil dan Toleransi.