Rabu, 21 November 2018, WIT

Senin, 15 Okt 2018, 09:18:00, 99 View ath11webadmin, Kategori : Kegiatan Siswa

Tema minggu ini adalah binatang yang hidup di air.... coba sebutkan binatang yang hidup di air??? Yah yang hidup di air adalah ikan. Nah kali ini Children Education Trip (CET) bertualang ke Dinas Perikanan tepatnya di Balai Benih Ikan (BBI) SP 13. Kelas mana saja yang ikut yah??? Yupz benar sekali kalau kalian lihat fotonya pasti tahu bahwa yang kesana adalah Kelas TK B Shift 2 (Malachi, Mikha dan Manasye). Mari kita lihat petualangan apa saja yang mereka alami disana.

SP 13 cukup jauh yah teman-teman, kita semua berkumpul di rumahnya Pak Handoko Jl. Cendrawasih SP 2, setelah itu baru bersama-sama menuju ke BBI SP 13. Bukan saja anak-anak yang ikut loh teman-teman tetapi ada juga sebagian orang tua yang ikut bersama-sama ke BBI SP 13. Let’s goooooo to BBI SP 13....

Sampailah kita di BBI SP 13, wah kita sudah ditunggu oleh Kepala Dinas Perikanan dan Staffnya teman-teman. Ada tenda yang disiapkan untuk kita duduk dan ada kolam kecil yang dangkal di samping tenda untuk kita menangkap ikan. Ternyata ada ibu Mc yang memimpin kegiatan CET kita hari ini namanya Ibu Mona. Pertama kita semua berdoa, setelah itu Kepala Dinas Perikanan, Ibu Leentje A. A. Siwabessy, SE memberikan kata sambutan. Beliau mengucapkan terima kasih dan senang sekali atas kunjungan anak-anak TK Kristen Kalam Kudus hari ini karena baru kali ini Dinas Perikanan menerima dan menyambut tamu anak-anak. Kita juga diajarkan Yelyel loh sama ibu Kadis. Yelyelnya adalah Makan Ikan Sehat, Makan Ikan Kuat, Makan Ikan Cerdas, Makan Ikan Yes Yes Yes, Yang Tidak Makan Ikan Ditenggelamkan J.   Sekedar info teman-teman, Balai Benih Ikan (BBI) ini merupakan bagian dari Dinas Perikanan, yang dipimpin oleh Bapak. Lucky J. A. Wokas, S.Pi sebagai Kepala  Bidang Budidaya. Bapak Lucky ini yang memberikan arahan kepada staffnya di BBI untuk sudah menyiapkan tempat dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan anak-anak selama mengunjungi BBI.

Kita diajak untuk melihat kolam ikan yang besar sekali, ada tiga jenis ikan yang ada di BBI yaitu ikan mas, ikan nila dan ikan lele. Ada 17 kolam teman-teman. Setiap jenis ikan dipisah dan ikan yang sudah besar juga dipisah dengan bibit ikan. Kita juga diajak untuk memberi makan ikan, walapun siang itu panas tapi tidak mengurangi kesenangan kita melihat ikan dan memberi makan ikan-ikan di kolam yang besar. ikan-ikan itu berlompatan ketika kami memberi makan, mereka seperti ikan yang kelaparan. Oh iya teman-teman kita semua harus jalan hati-hati dan berbaris rapi, karena jalan di dekat kolam agak sempit, guru-guru kita selalu mendampingi dan mengingatkan apabila kita terlalu dekat dengan kolam atau kita tidak berbaris dengan rapi. Kita juga berfoto di dekat kolam ikan. Pokoknya seruuuu teman-teman. Oh iya teman-teman di BBI ini ada seorang bapak Namanya Yonathan Kogoya yang tinggal dan menjaga tempat ini (BBI) dan sudah bekerja di BBI selama 14 tahun, beliau terlihat senang sekali dikunjungi anak-anak. Hari ini kami belajar bahwa ada bibit ikan yang hidupya harus dipisah dari ikan yang besar dan ternyata ikan lele tidak bisa hidup bersama dengan ikan lain makanya harus dipisahkan juga kolamnya.

Setelah mengunjungi kolam ikan, kita kembali untuk menangkap ikan di kolam kecil yang telah disediakan khusus untuk kita semua. Asyikk kita bermain air lagi. Acara menangkap ikan berlangsung dengan seru, ada yang basah kuyup tetapi senang karena mendapat ikan untuk dibawa pulang. Anak-anak dan beberapa guru juga masuk ke kolam ikan dan menangkap ikan yang kemudian dimasukkan kedalam kantong plastik yang telah disediakan. Setelah acara menangkap ikan selesai, kami yang basah kuyup berganti pakaian dan kembali ke tenda untuk makan siang Bersama. Ada Nugget ikan loh yang disiapkan oleh ibu-ibu dari Dinas Perikanan untuk kita semua. Nugget ini tanpa bahan pengawet dan dibuat sendiri sehingga aman untuk dimakan dan bergizi.

Setelah makan siang kita bersiap untuk pulang tetapi sebelumnya dari KB/TK Sekolah Kristen Kalam Kudus memberikan ucapan terima kasih yang disampaikan oleh Kepala Sekolah Ms. Novita Situmorang, S.I.P juga ada tanda terima kasih kita kepada Dinas Perikanan yaitu plakat yang diberikan oleh teman kita Charles (Kelas Malachi) kepada Kepala Dinas Perikanan.

Okay sampai jumpa lagi teman-teman di kegiatan KBTK Kristen Kalam Kudus Selanjutnya ????. (MN)



Selasa, 23 Okt 2018 Bulan Bahasa 2018 Unit SD


Tuliskan Komentar