Selasa, 21 Mei 2019, WIT

Sabtu, 02 Mar 2019, 08:09:25, 77 View RVL, Kategori : Berita

Selasa, 26 Februari 2019 kelas “IV Moses” (SDK KALAM KUDUS TIMIKA) belajar mengenai makanan khas Nusantara. Materi ini terdapat pada tema 6 pada buku K13, subtema 2. Tentu pembelajaran ini tidak terlepas dari materi sebelumnya yang membahas tentang keberagaman. Nah, hari ini kami membahas tentang keberagaman bahasa dan makanan khas daerah. Dalam hal ini, masing-masing siswa bukan hanya membawa gambar makanan seperti yang ada di buku namun kebanyakan membawa makanan langsung, bukan lagi gambar. Tentunya memiliki tujuan yang baik untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih baik yaitu agar setiap anak mengetahui bahkan langsung merasakan (taste) rasa dari makanan itu sendiri. Jika anak-anak hanya membawa gambar, mereka hanya bisa melihat gambar masakannya tetapi tidak bisa mengecap masakannya seperti apa.

Untuk itu dalam pembelajaran kali ini, setiap anak membawa makanan khas nusantara dari daerah masing-masing. Paling tidak mereka mengetahui masakan apa yang berasal dari daerah mereka sendiri dan yang tak kala penting adalah mereka mengetahui nama dari masakan tersebut (kembali mengingat materi tentang “keragaman bahasa dan makanan khas).

Setiap anak wajib mengetahui alat-alat dan bahan serta cara membuat makanan tersebut dan juga mengetahui nama makanannya. Setelah itu, setiap anak bergiliran untuk mempresentasekan cara membuat makanan khas nusantara dari daerah masing-masing di depan kelas. Kemudian masing-masing membuat daftar makanan khas nusantara yang telah dipresentasekan dalam table yang telah tersedia (nama makanan, daerah asal, keunikan dan rasa).





Tuliskan Komentar