Rabu, 21 November 2018, WIT

Jumat, 12 Okt 2018, 12:07:01, 217 View ath11webadmin, Kategori : Kegiatan Siswa

Hari ini Kamis 11 Oktober 2018 Siswa kelas IV SD Kristen Kalam Kudus Timika mengadakan kegiatan Trip ke Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan yang diikuti oleh 102 siswa, guru-guru pendamping serta ada beberapa petugas dari  Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan yang akan membimbing anak-anak selama kegiatan trip. Kegiatan Trip tersebut merupakan kegiatan yang selalu dilaksanakan tiap semester. Kegiatan ini berhubungan dengan pelajaran yang dipelajari dan diaplikasikan dalam kehidupan yang real. Dengan kegiatan tersebut ada banyak hal yang mereka dapat sebagai bahan pembelajaran sekaligus dalam kegiatan field trip.

Melakukan Kegiatan Trip dengan nuansa alam terbuka yang lebih menekankan edukasi  sebagai salah satu sistem untuk pembelajaran yang lebih efektif dan tidak membosankan dibandingkan dengan sistem belajar yang selalu berada dalam ruangan. Kegiatan field trip menjadi salah satu pilihan bagi sekolah untuk meningkatkan pola pembelajaran yang efektif.

Sebelum melakukan kegiatan Trip, siswa dibagi dalam beberapa kelompok serta mendapat tugas dari guru yang berkaitan dengan semua kegiatan, sehingga harus menyertakan laporan ketika selesai berkegiatan. Guru akan menyerahkan selembar kertas untuk memperoleh informasi dari siswa mengenai apa saja pelajaran yang didapatkan saat  mengikuti kegiatan field trip.

Banyak pengetahuan yang didapatkan oleh siswa dari  kegiatan feild trip ini, salah satunya adalah siswa dapat mengenal berbagai jenis tanaman hidup baik sayur, buah-buahan, apotek hidup serta siswa dapat belajar bercocok tanam secara langsung dan pastinya dibimbing langsung oleh instruktuk yang sudah berpengalaman.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa syukur bagi setiap pribadi anak bahkan guru dan orang tua yang ikut bahwa karya Tuhan dimuka bumi ini sungguh sangat baik, sehingga yang diharapkan setiap pribadi boleh menjaga, melestarikan, mengusahakan, dan belajar untuk bertanggung jawab atas apa yang Tuhan sudah berikan di muka bumi ini.

Dari education trip ini, diharapkan agar siswa-siswi senantiasa bersyukur atas semua yang Tuhan ciptakan sehingga ada rasa memiliki, menjaga, melestarikan, dan bertanggung jawab atasnya. Kalau bukan dimulai dari dini, kapan lagi usia yang tepat untuk menumbuhkan rasa syukur yang disertai dengan usaha atas karya Tuhan.



Selasa, 23 Okt 2018 Bulan Bahasa 2018 Unit SD


Tuliskan Komentar