Rabu, 21 November 2018, WIT

Kamis, 18 Okt 2018, 13:06:21, 210 View AZM, Kategori : Berita

Dalam rangka memperingati hari bulan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018, SMPK Kalam Kudus Timika mengadakan kegiatan berupa seminar dan lomba tingkat SD dan SMP selama dua hari. Pada kegiatan tersebut panitia mengangkat tema “Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pemersatu Bangsa”. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari rabu dan kamis tanggal 17 – 18 Oktober 2018 tersebut diikuti oleh siswa-siswi dari dalam sekolah Kristen Kalam Kudus dan juga beberapa sekolah undangan lainnya di Kabupaten Mimika.

Pada hari pertama, diawali dengan seminar literasi Bahasa yang dibawakan oleh narasumber Yonri Revolt yang merupakan seorang penulis buku dan pembuat film pendek. Selesai seminar, acara kemudian dilanjutkan dengan lomba baca puisi tingkat SD dan Lomba cerita rakyat Papua untuk tingkat SMP. Hasil lomba untuk hari pertama langsung diumumkan oleh juri, di mana untuk lomba baca puisi tingkat SD Jenifer K Gomies (Juara 1), Withney F. Djinu (Juara 2), Chelsea C. Tambunan (Juara 3). Kemudian untuk lomba cerita rakyat Papua tingkat SMP Melkias W. Numberi (Juara 1), Juanti Maya (Juara 2), Rahel Rapang (Juara 3).

Di hari kedua,  kegiatan diawali dengan seminar bedah buku yang dibawakan oleh narasumber Yonri Revolt. Kemudian dilanjutkan dengan lomba pidato tingkat SMP dan lomba cerdas cermat Bahasa Indonesia tingkat SMP. Hasil lomba pidato yakni Citra S. Parrangan (Juara 1), Maria M. Way (Juara 2), Syafrian Wendy M. Sihotang (Juara 3). Kemudian Untuk lomba cerdas cermat Bahasa Indonesia Juara 1 (Mawar Saron, Rolla, Natasya), Juara 2 (Chrysant, Kerintina, Maria) Juara 3 (Fanin, Cahya, Aliya). Diakhir dari seluruh rangkaian kegiatan, dilakukan pemilihan satu peserta sebagai duta Bahasa SMPK Kalam Kudus 2018, dalam hal ini diberikan kepada siswa atas nama Mawar Saron N. Kolawi.

Acara bulan Bahasa ini diharapkan dapat memberi kesadaran pada siswa akan pentingnya Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional yang mempersatukan serta menjadi ajang untuk mengasah kreatifitas dan potensi diri dari beberapa kategori lomba yang diadakan. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk menjalin persahabatan dan komunikasi dengan sekolah-sekolah lain yang turut berpartisipasi.



Selasa, 23 Okt 2018 Bulan Bahasa 2018 Unit SD


Tuliskan Komentar