Rabu, 21 November 2018, WIT

Selasa, 23 Okt 2018, 09:36:38, 110 View RVL, Kategori : Berita

Saling Melengkapi Dalam Satu Kesatuan Generasi

Kamis, 18 Oktober – Jumat, 19 Oktober 2018, Sekolah Kristen Kalam Kudus melaksanakan program Bulan Bahasa dengan berbagai bentuk kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing unit SD dan SMP. Kegiatan yang dilaksanakan juga berbeda-beda di setiap tingkatan kelas. Kegiatan bulan bahasa ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan anak terhadap bahasa persatuan Indonesia, meningkatkan minat dan keterampilan membaca, menulis, dan berbicara, meningkatkan kompetensi siswa dalam penguasaan bahasa, dan menumbuhkan rasa apresiasi siswa terhadap bahasa.

Berdasarkan tujuan kegiatan di atas, program bulan bahasa yang dilaksanakan di unit SD kelas I dan II menerapkan point yang kedua yaitu meningkatkan minat dan keterampilan membaca, menulis, dan berbicara. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kakak kelas V dan VI yang membimbing adik-adik di kelas I dan II yang masih membutuhkan bimbingan membaca dan menulis.

Dalam kegiatan ini diharapkan dapat terjadi mobilitas intergenerasi yang terjadi. Mobilitas intergenerasi yaitu mobilitas sosial yang terjadi antara dua generasi atau lebih. Mobilitas seperti ini terjadi karena adanya perubahan status sosial antara orang tua dengan anak, kakak dengan adik, dan sebagainya. Dalam hal ini sangat diharapkan ada interaksi yang terjadi antara generasi yang saling berhubungan.

Siswa kelas V dan VI  yang membimbing siswa kelas I dan II  dalam membaca dan menulis sangat antusias, terlihat dari semangat mereka dalam mengajar, wajah yang memancarkan seorang yang seolah-olah adalah guru dengan ekspresi yang berbeda-beda, dan juga kelengkapan bahan materi yang mereka persiapkan dari rumah mereka masing-masing.

Respon siswa kelas V dan VI setelah mereka mengajar bermacam-macam, ada yang mengatakan bahwa ternyata mengajar itu tidak mudah, butuh kesabaran dan ketekunan dalam mengajar adik-adik, harus kreatif dalam menumbuhkan minat belajar mereka dan sebagainya. Ada juga yang memberikan motivasi bagi adik-adiknya untuk terus memiliki semangat dalam belajar.

Selain itu kelas III dan IV mengisi kegiatan ini dengan kegiatan yang berbeda yaitu pararel kelas III melakukan kegiatan menyusun paragraf menjadi sebuah cerita, membuat sebuah poster yang berhubungan dengan tumbuhan langka, membuat karangan pendek dengan memperhatikan tanda baca dan alur cerita, dan games yang dilakukan di kelas masing-masing. Sedangkan pararel kelas IV mengisi kegiatan ini dengan menentukan gagasan utama dalam sebuah paragraf dan membuat poster.

Dalam kegiatan ini sangat diharapkan dapat terjadi kerjasama yang baik dalam generasi yang  satu dengan generasi yang lain dalam menumbuhkan minat untuk terus belajar dan juga tidak ada kesenjangan yang terjadi antar generasi. Berharap untuk tahun-tahun kedepannya kegiatan ini dapat terus berjalan dengan inovasi kegiatan yang lebih baik lagi.



Selasa, 23 Okt 2018 Bulan Bahasa 2018 Unit SD


Tuliskan Komentar